kerajinan tekstil
Teknologi

Simak Yuk! Dua Makna Kerajinan Tekstil Dalam Fungsi Hias

Simak Yuk! Dua Makna Kerajinan Tekstil Dalam Fungsi Hias. Apapun hasil dari sebuah karya atau kerajinan tentunya memiliki fungsi dan tujuan yang terkandung. Sama halnya seperti kerajinan dari tekstil yang memiliki tujuan sebagai fungsi hias. Alasan mengapa kerajinan tersebut dibuat adalah karena ingin memenuhi maksud atau tujuan dibuatnya.

Pembuatan sebuah kerajinan didukung dengan adanya keterampilan yang akan menciptakan sebuah karya dengan melewati tahapan pembuatannya. Tahapan tersebut dibuat agar dapat menciptakan sebuah hasil karya yang memiliki keindahan dan kesesuaian fungsi. Berikut dua makna fungsi penghias pada hasil kerajinan dari tekstil.

Dua Makna Kerajinan Tekstil Dalam Fungsi Penghias

 

kerajinan tekstil
kerajinan tekstil

Fungsi Hias Menutupi Kebutuhan

Tujuan utama fungsi hiaspadasebuah kerajinan tekstil yaitu sebagai sebuah karya untuk bisa mencukupi kebutuhan. Meski memang tujuan yang paling mendasar pada fungsi hias adalah sebagai dekorasi atau penghias. Pengrajin membuat kerajinan tersebut dengan memperhatikan tujuan awal dibuatnya kerajinan tersebut.

READ  Mainkan Game Online Role Playing Favorit Banyak Orang

Pengrajin selalu menimbang atau memikirkan sebuah tujuan saat hendak melakukan pekerjaan. Agar hasil yang dihasilkan sesuai dengan tujuan utama kerajinan tersebut dibuat. Tentunya agar tidak melenceng dari tujuan dan mengalami kegagalan teknik atau tahapan dalam proses pembuatan kerajinan tersebut.

Kerajinan Tekstil Sebagai Pengembangan

Kerajinan tekstil sebagai fungsi hias pengembangan adalah hasil modifikasi yang dihasilkan dari kerajinan lama. Biasanya Modifikasi ini dilakukan pada beberapa hasil kerajinan yang telah lama. Tentunya tujuan dari modifikasi ini adalah agar kerajinan yang telah usang tersebut memancarkan seni yang baru dan berbeda.

Sehingga akan meningkatkan nilai jual dan nilai seni sebagai fungsi hias yang terkandung didalamnya. Suatu contoh kerajinan hasil pengembangan adalah sebuah batik yang berisi banyak motif dari beberapa batik terdahulu. Sehingga dalam kain tersebut terdapat desain dan motif yang bervariasi.

READ  Review Game PC 2011 Terbaik, Memiliki Banyak Pemain Loh!

Dengan demikian nilai seni dan nilai jual yang dipancarkanpun akan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan memberikan daya tarik tambahan bagi para pelanggan yang melihatnya. Contoh lain dari pengembangan fungsi hias dari sebuah kerajinan tekstil adalah dengan membuat sebuah karya baru dari bahan yang berbeda. Bisa juga dengan memakai teknik pembuatan yang berbeda pula.

Kerajinan Tekstil Sebagai Pengembangan

Selain dari dua fungsi hias yang telah dijelaskan diatas, kerajinan dari tekstil juga memiliki fungsi lain. Diantaranya yaitu sebagai fungsi mainan, fungsi simbolik, fungsi benda pakai, dan fungsi kelengkapan ritual. Fungsi tersebut mempunyai pengertian berbeda pada setiap fungsinya.

Karena kerajinan tekstil memang dibuat dan digunakan sebagai sebuah pelengkap kebutuhan sesuai fungsinya. Fungsi yang menonjolkan nilai estetik dan unsur hiasan pada hasil yang didapatkan. Seperti halnya sebuah kain batik yang selalu menonjolkan nilai estetik dan juga hiasan dinding yang menonjilkan sebuah seni dekorasi.

READ  Inilah Beberapa Game Online Survival Terbaik Untuk Kamu

Kerajinan Tekstil Sebagai Pengembangan

Sebuah kerajinan memang selalu memiliki banyak fungsi yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Karena pengrajin selalu membuat sebuah kerajinan dengan tujuan dan prinsip yang pasti. Sehingga hasil kerajinan pun sesuai dengan permintaan dan kebutuhan yang diinginkan pelangannya. Perhatikan juga artikel menarik tentang game judi online ini ya.

Sama seperti kerajinan tekstil yang dibuat sesuai tahapan, teknik, tujuan dan fungsi yang diinginkan oleh pengrajin agar menambah nilai jual. Karena dengan bisa menjual sebuah kerajinan yang mampu menutupi kebutuhan dan keinginan pelanggan menimbulkan kepuasan. Kepuasan tersebut merupakan sebuah prestasi yang diharapkan oleh para pengrajin.

Itulah makna dari dua fungsi sebagai penghias yang terkandung dalam sebuah kerajinan tekstil. Dimana kedua fungsi hias tersebut memiliki tahapan pembuatan yang berbeda dengan teknik yang berbeda pula.